Solusi Masalah Handsfree Nokia 6500


Beragam masalah bisa muncul pada sebuah ponsel, mulai dari yang sederhana hingga masalah yang sangat rumit. Sebut saja mati total, tidak ada sinyal, hang, dan lain sebagainya. Namun ada juga kasus yang boleh dikatakan sangat langka. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yakni masalah ponsel ketika menggunakan handsfree.Salah satu kasus terjadi pada Nokia 6500. Dimana saat menggunakan handsfree, suara penelepon tidak terdengar oleh lawan bicara. Ada masalah di bagian mic handsfree. Tetapi masalah ini tetap berlanjut meski sudah berganti hansfree.
Seperti biasa kita mulai dengan mendiagnosa ponsel. Jika masalah bukan pada handsfree maka kita simpulkan sementara terjadi masalah di ponsel.
Suara yang keluar dari sebuah ponsel dikeluarkan oleh sebuh IC yang dikenal dengan sebutan IC Avilma. Memang IC ini lebih popular dengan sebutan IC power pada ponsel generasi BB5. Namun tugas atau fungsi lain dari IC ini adalah mengatur bagian audio pula.
Ada dua bus yang terhubung dengan avilma yang ada kaitannya dengan audio. Yang pertama adalah bus audio(6:0), dan yang kedua bus xaudio(5:0).
Bus audio adalah satu kumpulan jalur yang diperuntukkan audio internal dari ponsel. Bila ada masalah pada bus ini, yang terjadi adalah kerusakan pada audio internal seperti mic dan speaker ponsel tidak berfungsi normal.
Sedangkan bus Xaudio adalah satu kumpulan jalur yang khusus dipakai untuk koneksi antara IC Audio ke jalur handsfree. Seperti mic handsfree, dan juga speaker handsfree. Kalau jalur ini bermasalah, tentu bagian audio handsfree lah yang bermasalah.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini

Online Suport

PREVIEW

INFO OPERATOR

PERAWATAN